Aplikasi Apa Saja Yang Wajib Dimiliki Pebisnis Daring?


Katanya, bisnis daring itu mudah. Katanya, bisa dijadikan sampingan. Kenyataannya... Tanpa menggunakan aplikasi online, tidak akan bisa memulai bisnis online..

Tidak mengherankan jika pelaku bisnis banyak menghabiskan waktu untuk mempelajari bagaimana menggunakan aplikasi-aplikasi yang dirasa "wajib" untuk kelangsungan hidup kita semua.

Memang ada banyak sekali yang perlu diketahui. Mulai dari cara download dan instalasi, mengisi profil pengguna dengan data pribadi yang benar, melakukan verifikasi akun, mengurus katalog. Sampai-sampai memesan ekspedisi, semua tidak bisa dilakukan sendiri. Harus pakai aplikasi.


1. Facebook

Shopping during the New Normal
[Pengguna terbanyak aplikasi Facebook berada di rentang usia 25-34 thn. Sumber: Sprout Social]


Bagaimana caranya kamu kasih kabar ke teman-temanmu kalau tokomu sekarang sudah online? Melalui jejaring sosial yang mereka gunakan. Salah satunya ialah Facebook. Untuk pemula, biar cepat laku tentunya wajib punya akun Facebook. Belum banyak yang tahu tentangmu, produk-produkmu, dan tentang toko onlinemu.

Selain bisa dapat banyak like, berikut keuntungannya untuk bisnis daring:

  • Halaman bisnis. Bermodalkan akun Facebook pribadi, kamu sudah langsung bisa bikin halaman bisnis. Kamu akan menemukan beberapa fitur khusus dari halaman bisnis, seperti shop, katalog, dan bisa cross-posting dengan akun Instagram.
  • Konten kamu akan dibaca oleh banyak orang. Pertama, teman-teman Facebook akan kasih like dan membagikan postingan kamu ke timeline mereka, di mana lebih banyak orang lagi akan lihat.
  • Bisa pasang iklan. Di Facebook, kamu akan lebih mudah untuk pasang iklan dari halaman bisnis yang sudah kamu buat.
  • Lama-lama kamu jadi bisa bikin grup Facebook deh, biar makin akrab dengan pelanggan. Lama-kelamaan pelangganmu ajan menjadi teman, lalu jadilah gerombolan keluarga besar bisnis online-mu akan terbentuk.

Sebelum lihat aplikasi lainnya, mampir dulu yuk ke Facebook page Balado Oke!

Jangan lupa tinggalkan like ya...


2. Aplikasi e-commerce Indonesia

Semenjak era Normal Baru, kita melihat adanya peningkatan transaksi jual-beli online. Aplikasi e-commerce Indonesia menjadi sangat sering digunakan dan beberapa jenis produk laris-manis. Untuk berjualan online, kamu sebaiknya unduh aplikasi-aplikasi yang populer ini, seperti BukaLapak, Tokopedia, Shoppee, dan masih banyak lagi. Tentunya tidak harus semuanya sekaligus.

Pilih saja satu yang paling kalian suka, lalu gunakan untuk berjualan. Tiap hari cek orderan dan upload terus produk-produk kamu dan promosikan jualanmu secara daring agar orang-orang tahu, kenal, dan akhirnya membeli.


3. BukuWarung

Aplikasi pembukuan sederhana BukuWarung kami anggap cocok buat usaha kecil karena mudah digunakan. Selain itu, kita mendapatkan fitur gratis SMS pengingat. Untuk mendukung kelangsungan toko, untuk mencatat hutang-piutang, laporan usaha, dan akuntansi sederhana sangat bermanfaat.


Aplikasi Buku Warung untuk siapa saja?
[ Sumber: IG: @BukuWarung ]


Selain lewat SMS, bisa ingatkan juga langganan kamu untuk melunaskan hutang apabila memang ada, dan ketika sudah lunas, jangan diam saja. Sampaikan bukti lunas dengan pesan WhatsApp.

Aplikasi ini berfungsi juga untuk mencatat transaksi keluar dan transaksi masuk. Kita bisa unduh catatan harian, mingguan, dan bulanan untuk evaluasi. BukuWarung canggih juga lho! Tetap bisa digunakan meskipun bisnismu sedang offline.


4. Selly (Sell Easily)

Aplikasi Selly adalah keyboard yang selain ajaib juga sangat berguna. Dengan satu keyboard saja kita bisa melakukan beberapa hal sekaligus:

  • Menjawab pertanyaan-pertanyaan pembeli.
  • Forward formulir order.
  • Mengirimkan invoice.
  • Cek biaya ongkir, dan...
  • Memesan ekspedisi

Normalnya untuk melakukan semua hal tersebut musti gonta-ganti aplikasi, tapi kalau pakai Selly tidak perlu. Ada auto text untuk jawab pertanyaan yang mirip-mirip. Tanpa harus mengetik ulang, tinggal pilih saja jawabnya dari direktori jawaban.


5. Google Bisnisku

Shopping during the New Normal
[ Aplikasi ini gratis tanpa berbayar. ]

Kalau kamu pakai aplikasi ini (di app store dikenal juga sebagai Google My Business), maka kamu akan bisa menampilkan lokasimu di Google Maps, sekaligus menjangkau orang-orang lewat penelusuran Google. Daftarkan nama bisnismu, alamat, nomor telepon, menu dan produk yang dijual, bahkan hingga alamat website dan toko online mu.

Manfaatnya untuk bisnismu bisa berlipat-lipat:

  • Pelanggan bisa menemukanmu secara langsung. Bahkan, kalau mereka mau ke tempatmu, bisa menghindari nyasar karena akan dipandu oleh Maps.
  • Informasi penting yang biasanya sulit ditemukan bisa kamu sampaikan langsung: jam buka, jam-jam sibuk, rute tergampang menuju tempatmu, foto lokasi, deskripsi singkat bisnismu.
  • Orang bisa langsung gunakan tombol "call now" untuk meneleponmu.
  • Ada fitur website sederhana dari Google yang bisa kamu manfaatkan, kalau mau.

Yang paling baru adalah fitur message. Orang bisa langsung tinggalkan pesan dan kamu bisa jawab dengan mudah.

Seperti yang kamu tahu, Google Maps memberi kesempatan pelanggan untuk meninggalkan ulasan. Dengan Google Bisnisku kamu bisa langsung merespon ulasan yang ditinggalkan pelanggan. Kamu juga bisa tulis postingan singkat, sehingga pengunjung tahu apa yang terjadi di tempatmu tanpa harus login ke Facebook dulu.


6. Ovo

Ovo adalah dompet digital untuk melakukan transaksi online. Bagusnya Ovo adalah bisa menerima pembayaran tanpa perlu membagi nomor rekening. Cukup dengan memberikan nomor teleponmu saja kamu bisa terima uang dari pelanggan. Dana masuk ke Ovo-mu bisa kamu gunakan untuk bayar tagihan, beli pulsa, dan ditransfer ke rekening bank secara real-time. Dompet digital Ovo dijadikan metode pembayaran resmi Tokopedia dan sudah bisa diintegrasikan setelah aktivasi.


7. WhatsApp Bisnis

Kalau sudah biasa pakai WhatsApp, mesti udah ngerti sedikit tentang WhatsApp Bisnis. Aplikasi ini khusus dibuat untuk pemilik bisnis. Lumayanlah untuk menghilangkan keragu-raguan pembeli yang punya banyak ketakutann. Takut salah beli, salah kirim, dan lain-lain. Dengan langsung berkomunikasi lewat chat, kamu bisa menjelaskan ke pelanggan. Langsung tanya, langsung jawab, langsung closing!

Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur-fitur bermanfaat Business Tools. Termasuk di dalamnya adalah katalog, template pesan singkat (untuk menjawab pertanyaan ketika sedang tidak di tempat), fitur jawaban singkat, dan kemampuan untuk memberikan label pada percakapan.

Dengan sedikit usaha, kamu bisa menghubungkan akun WhatsApp dengan halaman bisnis Facebook dan akun Instagram yang kamu miliki.


8. Microsoft Excel dan Word

Mungkin tidak perlu dicantumkan, karena Word dan Excel sudah pasti akan diperlukan. Versi desktop adalah yang sering digunakan, namun sepertinya tersedia juga dalam bentuk aplikasi. Excel spreadsheet bisa kamu gunakan untuk mencatat inventori, penghitungan laba-rugi, dan lain sebagainya, termasuk perencanaan postingan sosmed dan nomor kontak pelanggan. Word bisa kamu gunakan untuk merancang postingan sosmed dan untuk menyimpan teks-teks yang akan sering kamu gunakan, misalnya berbagai jenis bio usaha onlinemu untuk digunakan di Instagram, Twitter, dan lain sebagainya.

Kalau kamu tidak menggunakan Windows di desktop, kamu bisa gunakan Google Docs sebagai pengganti Word. Untuk pengganti Excel gunakan Google Sheets.


Nah, itu tadi adalah aplikasi-aplikasi yang perlu kamu miliki untuk memulai dan menjalankan bisnis online. Apakah kamu punya rekomendasi aplikasi lainnya yang akan mempermudah pelaku bisnis dalam menjalankan dan mengelola bisnis daring? Silahkan kamu bagikan di box komen!

Ilustrasi oleh Balado Oke! dgn elemen dari Unsplash



Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes